OPERA CAKE

BAHAN:
Cake:
6 putih telur ayam
225 g gula kastor
8 kuning telur ayam
225 g almond bubuk
70 g tepung terigu
1/2 sdt baking powder
50 g mentega tawar, lelehkan

Sirop Kopi, aduk rata, didihkan:
125 ml air
65 g gula pasir
11/2 sdm kopi bubuk instan

Butter Cream:
200 g gula pasir
75 ml air
1 butir telur ayam
2 kuning telur ayam
400 g mentega tawar, kocok lembut
4 sdm kopi bubuk instan, larutkan dalam
2 sdm air mendidih.

Chocolate Ganache:
500 g cokelat masak pekat, cincang halus
8 sdm mentega tawar
250 ml krim kental

Chocolate Glaze:
150 g cokelat masak pekat, cincang halus
100 g mentega tawar

CARA MEMBUAT:
1. Cake: Kocok putih telur hingga mengembang, tambahkan sebagian gula sedikit demi sedikit, kocok terus hingga kaku. Sisihkan. Kocok kuning telur dan sisa gula hingga mengembang, tambahkan almond, terigu, dan baking powder, aduk rata.
2. Masukkan putih telur kocok, aduk rata. Tuang mentega leleh, aduk rata. Tuang ke dalam loyang ukuran 22 x 22 x 7 cm yang telah diolesi mentega. Panggang dalam oven panas suhu 180 C selama 40 menit. Angkat, biarkan dingin, keluarkan dari loyang. Belah membujur menjadi 5 bagian. Sisihkan.
3. Butter Cream: Campur gula dan air, didihkan. Angkat. Kocok telur hingga putih dan mengembang. Tuang sirop gula yang baru mendidih sambil terus kocok hingga rata. Sisihkan. Kocok mentega hingga lembut, campurkan dengan telur kocok, aduk rata. Tuang larutan kopi, aduk rata.
4. Chocolate Glaze: Tim cokelat dan mentega hingga meleleh. Tambahkan krim, aduk hingga rata. Angkat. Simpan dalam lemari pendingin hingga kental dan bisa dioles. Sisihkan.
5. Penyelesaian: Ambil 1 bagian cake, siram dengan sedikit sirop kopi, olesi dengan lapisan mentega, tutup dengan 1 bagian cake lain, simpan dalam kulkas selama 10 menit. Keluarkan, siram lagi dengan sirop kopi, olesi dengan lapisan cokelat, simpan kembali dalam kulkas. Lakukan hal yang sama hingga semua bahan habis. Terakhir, siram dengan chocolate glaze, ratakan.

Untuk 15 potong @ 7 x 4 cm

0 Response to "OPERA CAKE"

Post a Comment